98 Siswa/i Ikut Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi

82

Merangintoday.com, JAMBI – Jelang bulan Agustus mendatang DPPI Provinsi Jambi kembali menggelar seleksi calon paskibraka tingkat provinsi, penyeleksian tersebut diselenggarakan di Halaman Parkir RCC Hotel, dengan melaksanakan Tes Keterampilan Baris Berbaris dari Korem dan Brimobda Polda Jambi. Selasa ( 7/05/24).

Data yang berhasil dihimpun, dari seluruh Kabupaten dan Kota jumlah peserta total 98 orang, alokasi 56 orang dengan ketentuan 52 orang untuk Tim Paskibraka Provinsi Jambi dan 4 orang dikirim ke Jakarta untuk mengikuti seleksi Tingkat Nasional.

Hingga Saat ini seluruh peserta sisa 66 orang, dengan perincian 18 gugur dalam tahap Tes Wawasan Kebangsaan dan 14 orang gugur dalam tahap Tes Kesehatan.

Peserta dari Kabupaten Sarolangun 8 orang dengan 4 Putera dan 4 Puteri dari Siswa Kelas X SMA, SMK dan MAN dalam wilayah Kabupaten Sarolangun dengan Pendamping Perwira Penghubung (Pabung) Sarolangun Mayor Chk Dedy Afrizal, SH , MH mewakili Kodim 0420/Sarko dan Siti Rahma (DPPI Kabupaten Sarolangun) dengan Penanggungjawab Kakankesbangpol Kabupaten Sarolangun Hudri, S.Pdi., M.Pdi.

Hingga saat ini peserta dari Sarolangun masih bertahan 7 orang yakni 3 Putra dan 4 Putri, 1 orang gugur dalam tahap Tes Wawasan Kebangsaan.

Mayor Chk Dedy Afrizal, SH , MH mengatakan ada 6 jenis Materi yang nantinya harus diikuti oleh seluruh peserta.

“seleksi di Tingkat Provinsi yakni Tes Wawasan Kebangsaan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Sarolangun gugur 1. Kemudian Tes Intelegensi Umum (TIU) dari BPIP, dan peserta dari Sarolangun masih bertahan 7 orang dan sampai saat ini tidak ada yang gugur, “Ujar Pabung.

Lebih lanjut Pabung mengatakan, tes kesehatan juga dilakukan kepada seluruh calon anggota paskibraka tingkat provinsi itu.

“Tes Kesehatan dari Dinkes Provinsi Jambi dengan hasil Peserta dari Sarolangun masih bertahan dengan jumlah 7 orang, kemudian Psikotes dari RS Jiwa Jambi. Dengan Hasil belum diumumkan, menunggu hasil wawancara Psi, “Bebernya

Selain dari itu lanjut Pabung, saat tes keterampilan Keterampilan Baris Berbaris dari Korem 042/Gapu dan Brimobda serta PPI Provinsi Jambi dengan Hasil peserta dari Sarolangun masih bertahan 7 orang.

“Kalau Tes Kesemaptaan Jasmani dari Jasrem 042/Gapu dilanjutkan Wawancara Psikologi yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 8 Mei 2024 (Besok, Red), “Jelasnya.

Untuk diketahui, Panitia Penyelenggara Seleksi Tingkat Provinsi Jambi langsung Penanggungjawab yakni Sekretaris daerah Provinsi Jambi DR. H.Sudirman, SH., MH, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Drs. M. Arpan. Mayor Inf Toni Wijaya (Pasiops Korem) Tim Kesehatan, Kadinskes Provinsi Jambi, Tim Psikotes yakni Kepala RS.Jiwa Jambi, kemudian Tim Jasmani: Kajasrem 042/Gapu Lettu Inf Imam.

Tim Wawasan Kebangsaan dan Intelegensi Umum, langsung dari BPIP Pusat, Tim Keterampilan Baris Berbaris, Kasiops Kasrem 042/Gapu, Dansat Brimobda Polda Jambi dan Persatuan Purna Paskibraka Indonesia Provinsi Jambi, Tim Sekretariat Kesbangpol Provinsi Jambi, dan tim Pemantau Prof Hendri dari BPIP Pusat.

Pelaksanaan Seleksi tersebut dimulai dari tanggal 5 sampai dengan 9 Mei 2024 bertempat di Shang Ratu Hotel Jambi.(Ajk)

LEAVE A REPLY