Dinilai Polisi Berdidikasi Dan Berinovatif, Kasatreskrim Polres Sarolangun Diusulkan Oleh Masyarakat Dalam Hoegeng Award 2023

151

Merangintoday.com, SAROLANGUN,- Menjadi Seorang Abdi negara apalagi sebagai pelayan masyarakat memang sudah di nobatkan di tubuh Polri, tidak mudah mendapat kepercayaan dari masyarakat, apa lagi saat ini berbagai kasus yang terjadi di tubuh polri yang dilakukan oleh Oknum itu sendiri, sehingga tingkat kepercayaan dari publik semakin menipis.

Namun tidak semua anggota polri seperti itu, banyak juga masyarakat yang senang dengan kehadiran anggota polri, dan mereka merasa nyaman ketika anggota polri berada di tengah masyarakat, apalagi anggota polrinya memiliki inovasi dan didikasi yang tinggi.

Sejak dibukanya Hoegeng Award 2023 pada Januari 2023 lalu, kini masyarakat berkesempatan untuk mengusulkan anggota polisi yang ia cintai agar mendapat penganugerahan dan penghargaan.

Penghargaan Hoegeng Awards 2023 akan diberikan kepada polisi teladan untuk lima kategori, yaitu Polisi Inovatif, Polisi Berdidikasi, Polisi Pelindung Perempuan dan Anak, dan Polisi Tapal Batas.

Perihal ini berlaku bagi anggota Polri Se-indonesia, rupanya masyarakat provinsi Jambi ada mengusulkan Salah satu Personil Polri Polda Jambi yaitu Iptu Cindo Kottama, yang mana saat ini Cindo sapaan akrabnya tengah menjabat Kasat Reskrim Polres Sarolangun, sebelumnya, ia menjabat sebagai Kapolsek Rimbo Bujang Kabupaten Tebo.

Selama bertugas di Kabupaten Tebo, rupanya membuat masyarakat setempat yakni Rimbo Bujang merasa aman dan nyaman dengan kehadiran Iptu Cindo Kotamma, bahkan meninggalkan kesan yang baik ditengah masyarakat, saking cintanya dan dinilai baik oleh masyarakat, ternyata masyarakat setempat telah mengusulkan Iptu Cindo Kottama sebagai nominator penerima Hoegeng Awards 2023.

Masyarakat Rimbo Bujang mengenal kepemimpinan Iptu Cindo Kottama sebagai Kapolsek Rimbo Bujang (2021 – 2022) yang berdidikasi tinggi dan inovatif. Dalam masa pandemic, Iptu Cindo Kottama telah menunjukkan dedikasinya dalam memutus penyebaran virus Covid-19. Selain berkontribusi terhadap kesuksesan vaksinasi reguler, Iptu Cindo Kottama melaksanakan vaksinasi unik yang berhasil menarik ribuan masyarakat penerima vaksin. Kemudian, diikuti dengan penerapan invovasi instalasi cuci tangan unik berbahan kayu karet dan Gerakan Masyarakat Suka Cuci Tangan (Germas Suka Cita) di kecamatan Rimbo Bujang Kab. Tebo.

Cindo Kottama dikenal sangat aktif dan menginisiasi berbagai kegiatan publik. Inisiator dan narasumber dalam seminar-seminar tentang keamanan, keselematan dan kesehatan masyarakat, menginisiasi gerakan “Remaja Rimbo Maju” untuk meningkatkan keaktifan dan kreatifitas remaja, serta pendekatan untuk menangani maraknya balapan liar di Rimbo Bujang.

Menanggapi pengusulan masyarakat, Iptu Cindo Kottama merasa sangat bangga dan terhormat. Perwira Polisi yang akrab disapa Cindo ini menyampaikan bahwa Pengusulan publik untuk penerima Hoegeng Awards adalah suatu kehormatan.

“Ini bukan hal main-main, Saya hanya selalu berusaha dan tulus menjalankan peran dan fungsi Polri tanpa harus mengejar penghargaan tertentu. Namun, kepercayaan dari masyarakat yang mengusulkan saya sebagai penerima Hoegeng Awards adalah kebanggaan dan amanah yang akan saya emban dengan baik, tentunya saya terharu, dan jujur saja ini tidak pernah terpikirkan oleh saya, maka dari itu, saya ucapkan terima kasih banyak kepada saudaraku sekalian, jasa kalian tidak pernah saya lupakan, “Ujarnya

Menurut perwira berpangkat Dua Balok itu, setiap pekerjaan yang diemban pasti selalu dinilai oleh masyarakat secara langsung, terutama di tubuh polri sendiri.

“Ini menunjukkan penilaian yang sangat tinggi dari masyarakat atas kinerja saya sebagai perwira Polri, saya tidak bisa menjanjikan hal yang sangat tinggi, terlepas akan menerima penghargaan atau tidak, saya menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya atas kepercayaan ini. “Jelasnya lagi

Kendati demikian, dengan apa yang akan diraihnya nanti melalui penilaian masyarakat, ia berharap agar dirinya bermanfaat bagi masyarakat luas, terutama keluarganya.

“Semoga kelak bisa meneladani keberanian, kejujuran dan dedikasi yang sangat tinggi dari Jenderal Hoegeng, Dan yang terpenting adalah selalu berusaha memberikan manfaat bagi masyarakat luas, dan keluarga itu saja, ”Tandasnya .(Ajk)

LEAVE A REPLY