Sibuk Urus Berkas Pencalegkan, Paripurna LKPJ Ditunda

117

Merangintoday.com, SAROLANGUN – Pemerintah Kabupaten Sarolangun baik Eksekutif dan Legislatif sudah menjadwalkan bahwa pada hari Senin 08 Mei 2023 sekira pukul 14:00 WIB akan mengadakan Rapat Paripurna Tingkat 1 Tahap II dengan agenda pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap Penyampaian laporan keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 3 (Tiga) Ranperda Tahun 2023.

Namun, sudah pukul 15:40 WIB rapat tersebut belum juga dilaksanakan dengan alasan tidak memenuhi Kuorum, dari pantauan awak media ini dilapangan, tampak Penjabat Bupati Henrizal, Ketua DPR Tontawi Jauhari di dampingi Waka Ketua II Syahrial Gunawan, Sekretaris Daerah Ir Endang Abdul Naser dan sejumlah anggota dewan lainnya sudah hadir di ruangan paripurna.

Berdasarkan Absensi yang hadir hanya 7 orang terdiri dari 2 unsur pimpinan dan 5 anggota yakni Yusuf Helmi AB, Abdul Basit, Muhammad Zabidi, Slamet Kestalo, AH.Marzuki S.Ag, banyaknya anggota dewan yang tidak hadir disebabkan anggota dewan yang lainnya sedang melakukan kepengurusan pencalonan Pileg Tahun 2024. sehingga tidak memenuhi Kuorum, dengan demikian paripurna semestinya dilakukan hari ini ditunda sampai Minggu depan.

Menyikapi persoalan ini, Penjabat Bupati Sarolangun Henrizal kepada sejumlah awak media mengaku bahwa dirinya mengetahui kalau anggota dewan tidak hadir banyak melakukan pengurusan pencalegkan.

“Informasi yang kita terima tadi sama-sama kita dengar dari ketua DPRD, rapat hari ini hampir seluruh anggota DPRD Kabupaten Sarolangun ini sedang mengurus proses pencalekan,” ujar Pj Bupati Sarolangun Henrizal, Senin (8/5).

Henrizal menegaskan, pada prinsipnya pihaknya dalam paripurna hanya menghadiri, mengikuti proses digedung dewan tersebut.

“Katanya kalau yang mau nyalek ke Provinsi tentu ke Provinsi, ada beberapa orang yang ikut pencalonan anggota DPRD Provinsi. Terus yang di Kabupaten banyak juga yang mempersiapkan segala persyaratan untuk caleg itu,” katanya.

Saat disinggung terkait banyaknya anggota dewan tersebut tidak hadir, apakah Penjabat Bupati merasa kecewa ? Henrizal menegaskan pada dasarnya Eksekutif hanya menghadiri.

“Hmmmm, terkait kegiatan itu, kalau kita sendiri prinsipnya menghadiri dan mengikuti proses ini, Makanya saya tanyakan tadi apakah paripurna ini ada batasnya, ada, kurang lebih batasnya lima belas hari lagi. Artinya masih punya jeda waktu, Minggu depan kawan-kawan anggota DPRD itu sudah lengkap dan Insyaallah paripurna dapat dilanjutkan,” Jelasnya

Sementara itu, Wakil Ketua II Syahrial Gunawan kepada media ini mengatakan bahwa banyaknya anggota dewan yang tidak hadir dikarenakan ada kesibukan.

“Bukan disengaja, memang kawan kawan saat ini sedang sibuk melakukan kepengurusan berkas pencalonan, seperti yang mencalonkan diri di DPR Provinsi tentu mengurus berkas ke provinsi mulai SKCK dan lain sebagainya, begitu juga untuk yang mencalonkan diri di DPR RI. Jadi memang banyak tidak hadir, bahkan kawan kawan di dalam group WhatsApp meminta untuk di tunda terlebih dahulu. “Jelas Syahrial Gunawan .(Ajk)

LEAVE A REPLY