Sambangi Lapas Bangko, Dokter Puskesmas Memberikan Pelayanan Kesehatan

136

Merangintoday.com, MERANGIN – Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Bangko melaksanakan pemeriksaan kesehatan untuk warga binaan Lapas yang nantinya akan dilaksanakan seminggu sekali, bekerjasama dengan Dokter dan Petugas kesehatan dari Puskesmas Pematang Kandis Kabupaten Merangin, bertempat di ruang klinik Lapas Bangko.

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik. Pelayanan yang tersedia bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

“Kami merespon baik apa yang jadi permohonan dari Lapas Bangko untuk diadakan rutin pemeriksaan kesehatan warga binaan, hari ini kami mengirim dua tenaga dokter ke Lapas Bangko sebagai bantuan pelayanan kesehatan dan tim penyuluhan kesehatan”, ujar dr. Hendra Wijaya selaku Kepala Puskesmas Pematang Kandis.

Pemeriksaan fisik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan mempunyai faktor resiko seperti obesitasi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum.

“Alhamdulillah kami dari Lapas Bangko berterimakasih atas bantuan pelayanan kesehatan dari Puskesmas Pematang Kandis, Karena saat ini Lapas Bangko tidak memiliki tenaga dokter, mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut dengan baik” tutur Erwan Prasetyo selaku Kalapas Bangko.

Selain kegiatan pelayanan kesehatan Puskesmas Pematang Kandis melalui para perawanya memberikan penyuluhan GME (Gangguan Mental Emosional).(Fji)

LEAVE A REPLY