Presiden Jokowi Warning Gubenur Jambi Terkait Tingginya Inflansi Mencapai 8.55 Persen

190

Merangintoday.com, JAMBI – Presiden Jokowi menyoroti tingginya inflasi di 5 provinsi Indonesia. Angkanya di atas inflasi nasional sebesar 4,9%.

Jokowi mengungkapkan 5 provinsi dengan tingkat inflasi di atas 5%, diantaranya Jambi, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Riau, dan Aceh.

“Ini 5 provinsi yang inflasinya di atas 5%. Jambi Provinsi Jambi hati-hati sudah berada di angka 8,55%, Sumatera Barat berada di angka 8,01%, Bangka Belitung 7,77%, Riau angka 7,04%, Aceh di angka 6,97%,” ungkap Jokowi, dalam sambutannya pada Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2022, Kamis (18/8/22).

Jokowi pun meminta kepada kepala daerah untuk memerhatikan data inflasi tersebut. Dan dirinya berharap inflasi di setiap daerah dapat diselesaikan bersama-sama oleh pemerintah pusat dan daerah.

“Tolong ini dilihat secara detail yang menyebabkan ini apa agar bisa kita selesaikan bersama-sama dan bisa turun lagi Di bawah 5 syukur bisa di bawah 3,” jelasnya.

Selain itu, Jokowi juga meminta Kepala Daerah memahami secara baik laju inflasi di daerahnya. Kepala Negara pun mewanti-wanti akan menanyakan secara mendadak mengenai inflasi kepada Kepala Daerah.

“Detail angka-angkanya harus tahu, provinsi harus tahu. Posisi inflasi saya di angka berapa. Nanti saya ke daerah, saya tanya jangan gelagapan nggak ngerti posisi inflasi provinsinya berada di angka berapa. Mana yang tinggi, mana yang pada posisi normal mana yang pada posisi rendah lihat,” kata Jokowi.

Provinsi Jambi disoroti Presiden Indonesia Joko Widodo karena inflasi mencapai angka 8,55 persen. Jokowi mewarning Pemprov Jambi agar mampu menekan angka inflasi tersebut.

Terkait itu Gubernur Jambi, Al Haris mengakui bahwa Provinsi Jambi tertinggi angka inflasinya, terkait itu juga ia sudah melakukan langkah-langkah untuk menurunkan angka inflasi.

“Persoalan ini saya minta semua tim satgas pangan didaerah diaktifkan kembali, dan pantau betul harga perhari di komiditi yang ada Provinsi Jambi, dalam waktu dekat kita akan adakan rapat bersama Bupati walikota di Jambi,” kata Gubernur Al Haris, Jumat (19/08/2022).

Penulis  :  (Team)

LEAVE A REPLY