Dandim Sarko Hadiri Deklarasi Damai Dan Penanda Tanganan Perdamaian

83

Merangintoday.com, Sarolangun – Senin (10/01/2022), Dandim Sarko Letkol Inf Tomi Radya Diansyah Lubis, S.A.P., M.Han hadiri Deklarasi Damai Warga Kecamatan Air Hitam dan Penanda Tanganan Perdamaian Antara Warga Suku Anak Dalam (SAD) dengan Security PT. Permata Kreasi Mas (PKM) di Kantor Camat Air Hitam Kabupaten Sarolangun.

Turut Hadir Dalam Acara tersebut Wakapolda Jambi ( Brigjen Pol Yudawan Roswinarjo, SH.MH ), Bupati Sarolangun (Drs H. Cek Endra), Dandim 0420/Sarko (Letkol Inf Tomy Radya Diansyah Lubis S.Ap, M. Han), Kapolres Sarolangun (AKBP Anggun Cahyono S.I.K.).

Juga hadir Staf Ahli Gubernur (Asraf S.Pt. M.Si), Wakil Ketua DPRD (Drs H. Fahrur Rozi. M.M), Camat Air Hitam (Herjoni Edison S. Kom), Kapolsek Air Hitam (Iptu Yurizal), Danramil 420-03/Pauh (Kpt Inf Muchtar), Ketua Lembaga Adat Kecamatan Air Hitam, Para OPD Kabupaten Sarolangun, Pimpinan PT. Sinarmas Bapak Jon, Para Kades Sekecamatan Air Hitam, Para Temenggung dan Jenang Dari Suku Anak Dalam).

Adapun susunan acara di awali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Do’a Di pimpin Oleh Kepala KUA Kecamatan Air Hitam, Laporan Camat Air Hitam, Pembacaan Deklarasi Damai dilanjutkan Penandatanganan Deklarasi oleh 3 perwakilan Tokoh masyarakat Kecamatan Air Hitam yakni dari Warga Melayu oleh Bapak H. Abdul Majid, Warga Extransmigrasi oleh Bapak Sunaryo, Warga SAD oleh Bapak H. Jailani.

Di saksikan oleh Ketua Lembaga Adat Kecamatan Air Hitam, Kapolsek Air Hitam Danramil Pauh, Camat Air Hitam dan di ketahui oleh Bupati Sarolangun, Kapolres Sarolangun, Dandim 0420/Sarko.

Selesai penanda tanganan, di lanjutkan penyerahan bantuan santunan kepada korban dan bantuan Sembako kepada warga SAD.

Adapun sambutan Bupati Sarolangun ucapan terima kepada Kepada Pihak TNI – POLRI, Pihak Pemerintah Kecamatan Air Hitam, PT. Sinarmas dan masyarakat Air Hitam yang telah bekerja keras turun kelapangan untuk mengkondisikan agar situasi tetap aman dan damai sejak pertama kali terjadinya penembakan pada Bulan Oktober tahun lalu.

Alhamdulillah Pada Hari ini atas Inisiatif Lembaga Adat, Camat, Para Kades dengan pihak korban telah tercapai kesepakatan damai.

“Kalo kita orang Adat Sarolangun ini Kalo sudah ada damai tidak ada lagi dendam di dalam hati, ” ucap Bupati.

Kepada pihak Perusahaan sekiranya kita bangunlah kebun sehingga bagian keuntungan tersebut dapat di bagi setiap Bulannya kepada SAD, Pemerintah Kabupaten Sarolangun siap untuk menyiapkan lahan.

Selanjutnya sambutan Wakapolda yang mengatakan sejak terjadinya konplik pada Oktober tahun lalu ini sudah menjadi sorotan dan pantauan kepolisian bukan hanya dari Polda Jambi Bahkan sampai ke Mabes Polri dan perkembangannya kami selalu dimonitor oleh Wakapolri, ini betul-betul garis pertikalnya kuat sehingga menjadi Atensi dr pimpinan kami Bpk Kapolri,” ucap Wakapolda.

Alhamdulillah kita sama-sama sudah menyaksikan Deklarasi dan perdamaian Antara Warga SAD dengan Korban Security PT. Primatama Kreasi Mas dan juga masyarakat Kecamatan Air Hitam semoga tidak ada lagi terjadi kedepannya.

Sambutan terakhir oleh Staf Ahli Gubernur yang menyebutkan bahwa kegiatan seperti ini harus kita pelihara sehingga kondisi masyarakat kita dalam keadaan aman dan kondusif, karena kalo keadaan kedamaian dan tenang dalam masyarakat pembangunan dapat berjalan dengan lancar dan perekonomian dapat mengeliat untuk bergerak.

Alhamdulillah Provinsi Jambi pada tahun 2021 lalu mendapatkan penghargaan sebagai Provinsi yang terinovatif dan juga termasuk sebagai Provinsi no 4 terbahagia se Indonesia, ” tuturnya. (*)

Penulis : Fajri Sr
Editor : Humas Kodim 0420/Sarko

LEAVE A REPLY