Kapolres Sarolangun Imbau Warga Melapor Polisi Sebelum Mudik Lebaran

9

Merangintoday.com, SAROLANGUN – Saat mudik lebaran biasanya banyak rumah-rumah yang ditinggal oleh pemiliknya untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya S.Ik., M.Si menghimbau Masyarakat yang hendak mudik Lebaran tahun ini untuk melapor ke Bhabinkamtibmas di wilayah masing-masing.

“Melapor ke Polisi saat mudik perlu dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat rumah ditinggalkan mudik Lebaran,” kata Kapolres

“Kami mempersilakan masyarakat untuk meminta bantuan Kepolisian dalam mengawasi rumah yang ditinggal mudik. Pemilik rumah bisa menghubungi Bhabinkamtibmas yang ada di tiap kalurahan atau menghubungi kantor polisi terdekat,” sambungnya

Seiring semakin canggihnya teknologi, masyarakat cukup memberikan peta lokasi (share lock) melalui nomor WhatsApp aduan Kapolres Sarolangun atau menghubungi call center 110. Masyarakat tinggal memberikan informasi waktu sejak kapan dan sampai kapan rumah dalam kondisi kosong.

Maka dari itu untuk mengatasi adanya aksi pencurian rumah kosong, ia berjanji akan meningkatkan skala patroli.

“Kalau untuk menjaga sangat tidak mungkin karena keterbatasan personel, tapi dengan adanya penitipan tersebut kita akan menjadikan rumah-rumah warga yang kosong tadi menjadi sasaran rute patroli kita,” urainya

Kendati akan dilakukan peningkatan patroli ke beberapa pemukiman warga, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk dapat melaporkan ke RT/RW atau tetangga setempat jika rumah yang ditinggali akan ditinggal mudik. Sehingga nantinya pihak RT/RW akan tahu rumah mana saja yang ditinggalkan penghuninya.

“Memberi tahu kepada tetangga atau Pak RT itu merupakan langkah awal untuk keamanan, sehingga pada saat merayakan idul Fitri di kampung halaman bagi perantauan merasa nyaman, “Ujarnya

Lebih lanjut Kapolres menegaskan masyarakat agar lebih berhati-hati, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri. Sebab aktivitas masyarakat cenderung meningkat, sehingga perlu adanya kewaspadaan dari seluruh masyarakat.

Oleh karena itu dirinya berharap masyarakat tidak segan untuk melapor ke polisi apabila membutuhkan bantuan, utamanya saat Lebaran.

“Masyarakat tidak usah merasa khawatir, Polri dalam hal ini Polres Sarolangun siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat untuk memberikan rasa aman nyaman dalam melaksanakan libur Lebaran nanti,” pungkasnya.(Ajk)

LEAVE A REPLY