Dinkes Merangin Melakukan screening TB/HIV Di Lapas Bangko

281

Merangintoday.com, MERANGIN – lembanga pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Bangko kembali bekerja sama dengan Dinas kesehatan Kabupaten Merangin untuk guna melaksanakan Screening kesehatan bagi narapidana di Lapas Bangko. Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan aula bawah Lapas Bangko, Selasa 09 Mei 2023

Dalam pelaksanaannya selain Dinkes Merangin hadir juga dari Dinkes porvinsi Jambi yang dipimpin oleh Kasi P2PM ibu dr. Najatul Hasanah dan Puskesmas Pematang Kandis yang dipimpin dr. Herdra Wijaya.

Pelaksanaan dilaksanakan dua hari dengan agenda screening kesehatan warga binaan dan sosialisasi penyakit TB dan HIV.

Kabid P2P Dinkes Merangin Haris Nurdin, S.Km, M.Ph menerangkan Kegiatan ini sebagai bentuk pelaksanaan pelayanan publik yang menjadi program pemerintah dan kita sudah lama bekerjasama dengan Lapas.

Screening kesehatan ini khusus pemeriksaan penyakit menular seksual dan penyakit TB yang diikuti sebanyak 100 orang warga binaan Lapas Bangko

Kepala Lapas Kelas IIB Bangko, Erwan Prasetyo, Amd.IP, S.H, M.Si mengatakan bahwa kedatangan tim kesehatan dari provinsi Jambi dan Merangin sebagai bentuk implementasi kerjasama antara Lapas Kelas IIB Bangko dengan Dinas Kesehatan Merangin dalam rangka pengendalian dan Pemberantasan TB/HIV di Lapas.

“Kami sangat berterima kasih kepada Dinkes dan jajarannya atas kerjasamanya dalam memenuhi pelayanan kesehatan bagi warga binaan Lapas Bangko.”

Lingkungan Lapas dan kehidupan didalamnya sangat rentan dan bersiko terjadinya penularan TB apabila penanganan dan pengendalian tidak dilakukan secara baik dan serius.

Tambahanya, “Penghuni Lapas merupakan salah satu kelompok rentan dan beresiko, mereka terisolasi dalam satu lingkungan, sehingga resiko penularan penyakit menular khususnya TB sangat besar apabila tidak ditangani dan dicegah sejak dini.

Sementara Itu Kepala Puskesmas Pematang Kandis dr. Hendra Wijaya mengatakan Puskesmas Pematang Kandis selalu siap memberikan bantuan pelayanan kesehatan kepada Lapas Bangko “selama ini kita dan Lapas Bangko telah bekerjasama dengan baik dalam memberikan pelayanan kesehatan di Lapas Bangko.

Sekarang Lapas telah memiliki Klinik Pratama untuk melayani pemeriksaan kesehatan warga binaan” pungkas Hendra.(Fji)

LEAVE A REPLY