Kinerja BPBD Kerinci di Tuding Nol Dalam Menangani Bencana Darma Samsuri : Kami Sudah Bekerja Sesuai SOP

47

Merangintoday.com, KERINCI – Viral di Media Social (Medsos) BPBD Kabupaten Kerinci di Tuding kinerjanya Nol dalam penangan Bencana Alam yang terjadi di Kabupaten Kerinci, seperti yang di beritakan oleh beberap media online beberapa waktu lalu. Namun berita tudingan tersebut di bantah langsung oleh Sekretaris BPBD Kabupaten Kerinci Darma Samsuri.

Saat di konfirmasi media ini Darma Samsuri mengatakan bahwa BPBD Kabupaten Kerinci sudah melaksanakan tugas sesuai SOP dan tu Poksi kami sebagai Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD) dan sesuai SOP dan Tupoksi Kami.

Tudingan terkait ketidak ikut sertaan BPBD Kabupaten Kerinci dalam membantu bencana longsor atau musibah orang hilang yang terjadi di Kabupaten Kerinci pada beberapa waktu lalu.

Tudingan yang mengatakan kinerja BPBD Kabupaten Kerinci tidak ada alias nol itu tdk benar, karena sejak di terimanya laporan pada hari Kamis Tanggal (14/09/22) tentang adanya orang hanyut terseret arus, tim BPBD langsung turun ke lokasi dan berada di lokasi pencarian sampai hari ke tiga sampai korban di temukan.

” Yang menuding kinerja BPBD Kerinci Nol itu tidak benar, pasalnya setalah kami mendapat laporan bahwa ada korban terseret arus tim BPBD langsung turun ke lokasi sampai pada hari ke tiga pencarian sampai korban di temukan “. Ungkap Darma Samsuri.

Darma Samsuri juga mengatakan, musibah orang hilang itu kan tentang pencarian dan penyelamatan, itu adalah kewenangan BASARNAS, sementara BPBD hanya membantu mengkoordinasikan ke pihak pihak terkait dan itu sdh di lakukan oleh saudara Satria Lucito yang bekerja di BPBD dan melaporkan ke pihak BASARNAS yaitu Ibu Eni.

” Musibah orang ilang itukan tentang pencarian dan penyelamatan dan itu adalah wewenangnya BASARNAS, karna mereka yang mempunyai wewenang dan peralatan yang lengkap, namun kita dari pihak BPBD juga ikut membantu dalam pencarian “. Ungkap Darma Samsuri lagi.

Darma Samsuri juga menjelaskan BPBD Kabupaten Kerinci sudah bekerja sesuai SOP dan TUPOKSI kenapa kami berkata demikian, karena pada kejadian tanah longsor di Desa Bedeng Dua BPBD pun menurun kan Tim lengkap, dan kejadian orang terseret arus pun BPBD juga menurun kan Tim nya jadi apa yang salah dgn BPBD Kabupaten Kerinci Tandasnya.

Penulis  :   Iwan Situmorang

Editor     :   Fajri Sr

LEAVE A REPLY