Tuntutan Tidak di Kabulkan, Ratusan Warga Sungai Ning Aksi Depan Gedung DPRD

134

Merangintoday.com, SUNGAI PENUH – Ratusan Warga Desa Sungai Ning yang di dominasi kan oleh kaum emak – emak sampaikan aspirasi di gedung DPRD Kota Sungai Penuh Senin (18/08/22).

Ratusan warga sungai Ning, menyuarakan aspirasi terkait penolakan pembuangan sampah di TPAS RTP Sungai Ning dan meminta pemindahan TPAS RTP karna sudah mencemar air bersih dan menimbulkan bau.

Namun permintaan masyarakat tidak di kabulkan oleh oleh Pemkot Kota Sungai Penuh, Sebelumnya pihak Polres Kerinci sudah mempelitasi mediasi antara warga Sungai Ning dan Pemkot Kota Sungai Penuh namun tidak menemui titik temu.

Aksi ratusan warga Desa Sungai Ning lengsung di sambut oleh Ketua DPRD Kota Sungai Penuh H. Fajran SP.MSi. dan melakukan dialog di halaman gedung DPRD Kota Sungai Penuh dan langsung melakukan hering di aula DPRD Kota Sungai Penuh.

Koordinator aksi Deki Saputra menyampaikan tuntutan segera menutup aktifitas pembuangan sampah di RPT, mengevaluasi kembali adanya izin TPAR RPT, menolak pembangunan TPS 3R skala Kecamatan dan menata lalu membersihkan kembali sampah yang sudah di buang di lokasi TPAS RPT.

“Jika dibiarkan sampah tersebut menumpuk tidak Sungai Ning saja yang terdampak, Bahkan kota ini juga akan terkena dampak nya lantaran sampah dibuang di daerah dataran tinggi ungkap orator ( Deki Saputra ) di hadapan anggota DPRD Kota Sungai Penuh.

Deki Saputra, mengaku bahwa pihaknya memilih jalan mengadukan permasalahan TPS di RPT ke DPRD lantaran setelah beberapa kali melaksanakan mediasi dengan pihak Pemkot namun hasilnya tetap tidak menemui kesepakatan ujar nya.

“Kita memberi waktu 3 hari kepada Dewan untuk mencari solusi, jika tidak ada kejelasan yang jelas, kita akan kembali memblokir truk sampah milik DLH kota sungai penuh pungkasnya”. Ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Sungaipenuh, H.Fajran SP,MSi kepada awak media mengaku pihaknya siap memanggil Pemkot melalui OPD terkait guna mencari solusi akan apa yang menjadi tuntutan dari warga Sungai Ning. Bahkan dirinya berjanji akan turun langsung ke RPT bersama anggota dewan lainnya pada Selasa besok.

“Sore ini kami akan langsung melaksanakan rapat gabungan dengan pihak Pemkot, kami berjanji akan mengupayakan menutup TPSA di RPT secepatnya dalam tahun ini. Tapi, masyarakat mesti mengizinkan beberapa bulan sementara pihak Pemkot mencari solusi lain. Dan besok pagi kami bersama dgn anggota DPRD Sungai penuh akan meninjau lokasi TPSA RPT didesa Sungai Ning untuk menjadi bahan kajian,” kata politisi Demokrat saat di wawancarai media ini paska aksi demo.(*)

Penulis : Iwan Situmorang
Editor : Fajri Sr

LEAVE A REPLY