Kenduri Sko Desa Koto Tuo Kecamatan Depati Tujuh Berjalan Sukses

72

Merangintoday.com, MERANGIN – Masyarakat Desa Koto Tuo Kecamatan Depati Tujuh Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi sangat antusias menggelar acara Kenduri Sko adat ini yang berjalan sukses Minggu (18/09/22).

Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Jambi yang diwakili Bpk Asraf Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi, Bapak Fadli Sudria Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jambi, Bpk Zainal Effendi Sekda Kerinci, Boy Edward Wakil Ketua DPRD Kerinci serta Mayor Inf Liswar Pabung mewakili Dandim 0417 serta unsur Muspida Kab Kerinci.

Kehadiran tokoh tokoh masyarakat ini langsung di sambut dgn pengalungan bunga dari tim kesenian, dan setelah itu di lanjutkan dgn tari sekapur sirih atau tari penyambutan utk menyambut kedatangan para tamu pada acara Kenduri Sko ini.

Kades Pira Dizal menyampaikan rasa terimakasih nya kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat Desa Koto Tuo Kec Depati Tujuh atas terselenggara nya acara.

Kenduri Sko adat desa Koto Tuo ini, lebih lanjut kepala Desa menyampai kan sukses yang kita raih ini tidak terlepas dari peranan seluruh pemangku adat dan lapisan masyarakat pada umum nya ujarnya.

Pada ke sempatan ini Sekda Kerinci juga menyampaikan apresiasi utk acara kenduri sko ini, beliau berharap kepada para pemangku Rio – Depati dapat menjadi tauladan terhadap ponakan, anak betino dan masyarakat desa Koto Tuo.

Kadis Ketahanan Pangan Provinsi Jambi mengucapkan selamat kepada masyarakat desa Koto Tuo yang tlh sukses menyelenggarakan Kenduri Sko adat ini,

Saya mewakili Bpk Gubernur menyampaikan permintaan maaf beliau yg tidak dapat hadir pada kesempatan ini karena ada kunjungan kerja dari menteri PMK ke Jambi maka saya di utus untuk mewakili beliau pada kesempatan ini.

Gubernur berpesan melalui Kadis Ketahanan Pangan agar seluruh elemen lapisan masyarakat agar dapat bersatu mempertahankan adat dari budaya budaya luar yg sdh sangat meresahkan sebab di dalam adat banyak terkandung nilai nilai luhur dan norma norma kehidupan yg baik yg telah di warisi oleh pendahulu pendahulu kita tegas nya.

Lebih lanjut ketua Komisi IV ketika dikonfirmasi mengatakan ini merupakan acara yang sangat sakral dan harus tetap di lestarikan, Saya sangat mengapresiasi upaya masyarakat Kerinci untuk terus melestarikan adat dan budaya Kenduri Sko ini sehingga budaya tak lekang oleh waktu dan utk generasi muda agar dapat terus mewarisi adat budaya yang ada dan sudah turun temurun ini tutup nya.(*)

Penulis : Iwan Situmorang
Editor    : Taplimer

LEAVE A REPLY